ARTI NAMA GOA OKI SATO DI KELURAHAN LAPE-MBAY-NAGEKEO

 

Oki sato. ada yang pernah dengar kah nama oki sato?  Kalau saya untuk nama tersebut sudah sering saya dengar karena nama tersebut merupakan nama goa peninggalan jepang yang ada di Kota mbay. Secara administrative goa peninggalan jepang tersebut berada di Kelurahan Lape. Orang-orang sering menyebutkan nama tersebut. Pikiran saya Oki Sato merupakan nama orang yang mendiami  sekitaran goa jepang atau penjaga goa jepang pada jaman dahulu. Tanpa mencari tahu kepastian saya berasumsi itu adalah nama orang. Setelah saya ngobrol-ngobrol bersama rekan kerja saya membahas seputar nama goa Oki Sato, saya baru ngeh dengan nama tersebut. Ternyata Oki Sato sendiri dalam bahsa Jepang artinya Tempat perkumpulan hewan. Pada saat masa penjajahan di wilayah Lape dipenuhi hewan ternak. Sehingga pemerintahan jepang menamai goa tersebut dengan nama Oki Sato.

 

Komentar