Kamu Pasti belum tau 22 Pesona tempat wisata yang ada di Nagekeo

Buat kamu yang penasaran dengan tempat wisata yang ada di tanah Nagekeo bakalan aku share khusus  buat kamu ne.... ada wisata apa saja sih di Nagekeo, emang Nagekeo ada apa sih... hehe yang pasti Nagekeo adalah tempat sejuta wisata.
let's check it out.

well,,, sebelum itu saya deskripsikan dulu  tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Nagekeo ne good people,,, perlu kamu ketahui yah bahwa Lokasi Pariwisata, kalau dari utara Kabupaten Nagekeo ada Bukit Weworowet, lalu ada Watu Ndoang, Pantai Panjang Nangadhero, Pantai Kota jogo, Air Terjun Kobakua (wolowae), Pulau Kinde(kaburea), lalu ke arah selatan ada Teluk Nangaroro, Pantai Tonggo, Bukit Pantai Ipi Mbu’u Ndetunura(Nagaroro), Dinding Batu Kekakodo,  High Land Kelimari (keo tengah), tanjung kekakodo(Keo Tengah), lalu teluk bengga(Keo Tengah), pantai mauwelu(Keo Tengah), keliwatu Lewa (Ma'u Ponggo), lalu sawah lewa Ngera (Keo Tengah), kampung adat Wajo (Keo Tengah), kampung adat Udi Worowatu (keo tengah), kampung adat pautoda(keo tengah), kampung adat bhela bajo, air terju  Ngabatata (kecamatan aesesa selatan rendu), air terjun  Napu (kec,aesesa selatan rendu), kampung adat Tutubadha (rendu aesesa selatan) tanah datar aegala (Boanio), kampung adat lape ngengedhawe, puncak amagelu, kesidari, malagaro, highland.


  •        Bukit Weworowet


bukit ini telah menjadi icon untuk kabupaten Nagekeo karena memiliki panorama alam yang cukup menarik, berpapasan langsung dengan panorama lautan lepas di belakang bukit tersebut. Bukit yang berlokasi di desa Nggolonio kecamatan Aesesa kabupaten Nagekeo ini tidak begitu jauh dari pusat kota mbay hanya dengan memakan waktu  20 menit dengan menggunakan sepeda motor. Selain itu bukit ini memiliki dua musim, jika musim hujan bukit ini akan terlihat sangat hijau dan apabila musim panas bukit ini berubah warna menjadi kecoklatan. 





Pemandangan bukit pada saat musim panas


  • .
           Watu Ndoang ( batu kembar)

Watu Ndoag berasal dari bahasa Mbay yang artinya batu kembar. Tempat ini menawarkan panorama pantai yang begitu elok dikelilingi oleh batu kembar dan juga bentangan tambak sawah garam. Lokasi yang bersebelahan dengan bukit weworowet ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal sekitar kota mbay maupun diluar kota mbay.ik bebaan besar,  Cukup menggunakan sepeda motor dari pusat kota mbay kita dapat langsung menikmati panorama pantai watu ndoa. kelebihan dari watu ndoa ini memiliki ular berwarna warni yang bersembunyi dibalik bebatuan besar, biasanya ular-ular tersebut muncul kepermukaan bibir pantai pada saat pagi hari....  so buat kamu yang penasaran sama bentuk dan warna ularnya bisa datang masih gelap gulita yah .. heheeh 

  •      Pasir panjang Pelabuhan Marapokot

    Pantai yang di kelilingi oleh hutan mangrof dari arah barat pantai Tonggurambang hingga ujung pantai Nangadhero ini cukup menarik perhatian wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai tersebut. Dari arah barat tonggurambang terdapat pasir panjang hingga pelabuhan marapokot. Di pantai marapokot masih terdapat  pulau pasir putih yang bernama ‘’RI’I TA’A’’ atau alang-alang mentah. Jarak tempuh ke pulau pasir putih tersebut hanya memakan waktu satu jam dengan menggunakan kapal perahu.
Ri'i Ta'a
Pantai Pasir Panjang Maropokot
  • Bukit air panas maropokot
Lokasi yang berada di desa marapokot ini memiliki wisata air panas sekaligus bukit dengan ketinggian lima ratus meter dari permukaan laut. Banyak orang mengorbankan untuk mendaki hingga berada di puncak ketinggian hanya untuk menghasilkan view yang indah. Apalagi dari ujung bukit tersebut wisatawan dapat menikmati panorama laut, hutan bakau dan juga persawahan . dengan jarak tempuh sepulu kilo dari pusat kota mbay, wisatawan dapat menikmati objek wisata tersebut.


air panas maropokot


bukit air panas maropokot

  • .       Goa jepang
Goa peninggalan masa penjajahan Jepang ini berlokasi di Desa Aeramo Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, akses menuju lokasi ini sangatlah relatif mudah. tidak begitu jauh dari pusat kota. anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat  menuju lokasi tersebut.


  • .       Pantai Kota Jogo


Pantai yang berlokasi di kecamatan Wolowae ini menawarkan destinasi yang cukup menarik. Di pantai ini terdapat pasir putih dan dinding batu putih membentang luas di pesisir pantai dan  didalamnya terdapat ular yang berwarna-warni. Pada siang hari ular-ular tersebut akan keluar dari bebatuan. Konon katanya tempat ini memiliki legenda tersendiri,  Namun seiring berjalannya waktu ular-ular tersebut menghilang entah kemana. dengan jarak tempuh dua belas kilo dari pusat kota mbay, wisatawan dapat menikmati objek wisata tersebut.

Pantai Kota Jogo


  •        Air Terjun Koba Kua
Air terjun yang berlokasi di kecamatan wolowae desa wakasekoini  menawarkan air terjun yang cukup menarik. Hanya dengan menempuh du puluh kilo meter dari pusat kota mbay, para pengunjung suda dapat menikmati air terjun tersebut.
 maaf yaah.. untuk tempat wisata ini belum dapat gambarnya... but for the next bakalan lebih lengkap lagi...


  • .       Pulau Cinde Kaburea


Pulau yang terletak di jalur  pantai utara Kabupaten Nagekeo Kecamatan Wolowae ini menawarkan pulau kecil dan pantai yang elok ditambah dengan pasir putih disekitaran pulau. Hanya dengan menggunakan perahu layar sekitar dua puluh menit para pelancong dapat menikmati keindahan pulau tersebut.


  • .       Pantai Tonggo
tempat wisata ini berlokasi di kecamatan Nagaroro Kabupaten Nagekeo. keindahan pantai yang masih sangat asri  bakalan buat kamu betah berada di pantai ini.
bagi anda yang hendak bepergian ke bajawa atau Ende akan melewai  kecamaan ini. dari pusat  kota kecamatan harus menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menggunakan roda dua maupun empat.

pantai tonggo
  • Mata Air Ana Bhala
Wisata Mata Air Ana Bhala yang lokasinya berada di Kecamatan Keo Tengah, Desa Keli, Kabupaten Nagekeo  menawarkan destinasi yang cukup menarik,  mata air yang keluar dari gua akan menjadi es apabila berada diluar permukaan . Untuk menempuh ke wisata tersebut harus memakan waktu sekitar dua jam dengan menggunakan perahu layar melalui kecamatan Mauponggo atau kecamatan Nagaroro. 
tambahan : untuk sumber tempat wisata mata air ini saya belum mendapatkan referensi yang lengkap terutama gambarnya. nex time, bakalan di muata lebih complit yah.



  •  Air Terjun  Ngabatata
Air terjun yang berlokasi di kecamatan aesesa selatan desa Rendu ini menawarkan lokasi yang cukup menantang, untuk menempuh hingga lokasi tersebut, wisatawan harus menempuh waktu satu jam tiga puluh menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dari pusat kota, kemudian harus berjalan kaki lagi melewati beberapa lembah sekitar 1 kilo sampai ke titik lokasi tersebut.   






Air Terjun Ngabata (Rendu)

Air Terjun Ngabata (Rendu)

  •           Air Terjun  Napu


Air Terjun yang berlokasi di Kecamatan Keo Tengah kabupaten Nagekeo  ini cukup menguras energi untuk bisa menempuh hingga ke lokasi. wisatawan akan menyebrangi sungai dan hutan liar. suasana air terjun tersebut masih sangat asri.


  • .       Kampung Adat Tutubadha
kampung adat Tutubadha (gambar diambil menggunakan dron)

kampung adat yang berlokasi di kecamatan aesesa kabupaten nagekeo ini masih sangat relatif mudah untuk dikunjungi, sebab tidak begitu jauh dari pusat kota Mbay. anda cukup menghabiskan waktu 25 menit dengan menggunakan roda dua maupun empat sudah bisa merasakan keeksotisme alam kampung adat ini. rumah ada ini terdiri dari dua belas rumah kampung adat dengan masing-masing kepala keluarga

  •      Tanjung Kekakodo berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •        Teluk Bengga berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •        Pantai Mauwelu berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •       Keliwatu Lewa  berlokasi di Kecamatan Ma'u Ponggo Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •       Sawah Lewa Ngera berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •       kampung adat wajo berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •       kampung adat udi worowatu berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •       kampung adat pautoda berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)
  •       kampung adat bhela bajo
    berlokasi di Kecamatan Keo Tengah Kabupaten Nagekeo ( sumber Informasi belum lengkap)

oky good people,,,, mungkin itu saja dulu yahh, next time bakalan di share lebih komplit. maaf yahh ada sebagian yang belum dijelaskan secara terperinci soalnya aye belum dapat referensi yang lengkap.


by by.........

untuk info lebih lanjut bisa hubungi saya via :
WA : 081236626538
FB : Novilea Azizah
IG : novilea_azizah








Komentar

  1. Keren Nopiiiii ... aseli itu foto-fotonya bikin ngiler. Btw coba diaplikasikan ilmu dari Kelas Blogging NTT soal subheading, jadi pasti lebih keren.

    BalasHapus
  2. Saya belom pernah ke semua list tempat diatas. Hemmm 4 tahun di sana dulu mendekam saja di rumah 😂

    BalasHapus
  3. Aduh keren sekali yah kaka tempat2 pariwisata di nagekeo, seharusnya pemkab. nagekeo harus lebih jeli lagi melihat potensi-potensi wisata yang ada dinagekeo...

    BalasHapus

Posting Komentar