Esu Kose dan 1000 Perempuan

Guys,,, kalau kita bicara warisan budaya sepertinya Nagekeo tak pernah habis-habisnya memiliki warisan budaya dan kearifan lokalnya. Baru-baru ini Nagekeo cukup menggemparkan dunia maya di beberapa media masa pada acara Festival Literasi dan parade Esu Kose. 1000  Perempuan Etnis Ndora menjunjung periuk tanah sembari melakukan long march  dari pelataran kantor daerah hingga pada tempat puncak lapangan berdikari danga. Parade ini seolah mengalihkan pandangan para tamu undangan dari berbagai daerah di NTT maupun luar. 

Long march Esu kose dan 1000 perempuan 






Dari foto-foto diatas masih penasaran kan Esu kose itu apa yah ?

Jadi Esu Kose ini merupakan salah satu kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Nagekeo yang telah diwariskan oleh leluhur sejak turun temurun.
Esu berarti menanak nasi menggunakan periuk tanah dengan arang. Sedangkan Kose berarti memasak daging menggunakan bambu lalu di panggang.

Esu Kose kok identik dengan perempuan ?

Jadi Esu Kose ini merupakan warisan leluhur dari para Etnis Ndora,  Etnis Ndora merupakan sekian etnis yang ada di Kabupaten Nagekeo, makanya kenapa saya bilang Nagekeo tiada habisnya jika berbicara tentang warisan budaya. Etnisnya saja banyak apalagi budaya nya.. wohohoho. So I'm proud of my heritage meskipun saya bukan bagian dari etnis Ndora tapi kan Nagekeo... 😆


Next kenapa identik dengan perempuan belum dijelaskan.
Tradisi pada jaman dahulu, urusan yang berkaitan dengan makan selalu di tangani oleh kaum perempuan. Selain memasak, kaum perempuan juga memiliki keterampilan dalam meramuh sebuah makanan. Di etnis Ndora,  perempuan sangat lihai mulai dari pembuatan periuk tanah. Jika dibandingkan dengan laki-laki-laki. Etnis laki-laki di Ndora lebih kepada perburuan makanan sehingga pengolahan nya diserahkan kepada kaum perempuan.

Tradisi ini memang sudah sejak tigah puluhan tahun yang lalu, namun sempat tak dilestarikan oleh masyarakat etnis Ndora, melalui parade ini berupaya agar warisan budaya ini dapat dilestarikan kembali dan menjadi ritual tahunan.

Begitu singkat cerita dari ritual Esu Kose.

Komentar